Thursday, August 23, 2018

Cara Jitu dan Efektif Mempercepat Loading Blog



Hasil gambar untuk Cara mempercepat loading blog

Selamat datang di Sahabat Blog , kali ini saya akan membahas cara jitu agar blog semakin cepat loading nya , Perlu di kerahui bahwa kecepatan loading blog adalah salah satu faktor dari 200+ Google Faktor yang dapat mempengaruhi posisi halaman situs pada SERP atau hasil pencarian google . Banyak blogger pemula yang lebih mementingkan tampilan blog di banding dengan memprioritaskan keringanan halaman blog , sehingga halaman blog yang mereka miliki semakin berat dan sulit di akses . Jika seperti itu kesempatan mendapatkan posisi terbaik di SERP akan hilang begitu saja , Namun jika halaman blog atau situs memiliki proses halaman loading yang ringan dan cepat , bukan hanya para pengunjung yang menyukai nya , mesin pencari pun akan menyukainya sehingga mendapatkan posisi terbaik SERP menjadi lebih baik .



Banyak gaktor yang mengakibatkan halaman blog berat untuk di akses bahkan harus menunggu beberapa detik , beberapa penyebabnya adalah , banyak melibatkan gambar , banyak melibatkan sumber script dari luar terutama javascript atau jquery , banyak melibatkan widget dan juga penyebab lainnya . Itu karena ketidak tauan para blogger sehingga mereka kebanyakan lebih memprioritaskan tampilan yang aduhai tanpa memperhatikan sedikitpun pengaruhnya terhadap loading halaman sehingga berefek buruk bagi blog yang mereka miliki .


Dan berikut beberapa cara agar mempercepat loading halaman pada blog :

1.Gzip Compression 

Kompresi Gzip mempercepat loading website karena sebelum diterima user , server web mengirim versi zip dari website ke browser ,tentunya dengan ukuran yang lebih kecil dari pada versi asli . Dan browser inilah yang bertugas mengekstrak zip tersebut kebentuk aslinya sebelum di terima user atau visitor , untuk mengaplikasikan Gzip compression ini tambahkan kode berikut ke .htaccess web anda :

# compress text, html, javascript, css, xml:
<ifModule mod_deflate.c>
AddOutputFilterByType DEFLATE text/plain
AddOutputFilterByType DEFLATE text/html
AddOutputFilterByType DEFLATE text/xml
AddOutputFilterByType DEFLATE text/css
AddOutputFilterByType DEFLATE application/xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/xhtml+xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/rss+xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/javascript
AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-javascript
</ifModule>
# Or, compress certain file types by extension:
<ifModule mod_deflate.c>
<files *.html>
SetOutputFilter DEFLATE
</files>
</ifModule>

Untuk mengecek apakah website Anda sudah mempunyai fitur Gzip compression silahkan ditest dengan tools berikut ini :

http://www.whatsmyip.org/http-compression-test/
https://varvy.com/tools/gzip/


2.Content Delivery Network (CDN)

CDN berfungsi untuk mempercepat request file ke server asli dengan membuat file copy nya di berbagai server pendukung di seluruh dunia

Misal kita di indonesia dan ingin mengakses website dengan hosting di amerika , Jika website ini menggunakan CDN , Maka kita bisa dialihkan ke file copy web tersebut yang mungkin saja berda di singapore , China dan sebagainya yang lokasinya lebih dekat dengan tempat kita berada agar request file berjalan lebih cepat.

Layanan CDN yang populer yang banyak digunakan yaitu Cloudflare . Untuk cara setting CDN ini anda bisa googling saya tidak akan menjelaskan panjang disini . dan untuk anda yang sudah punya hosting di Hostgator biasanya fitur CDN ini ini sudah ada dibagian cpanel dengan simbol awan ( Clouds ) tinggal diaktifkan saja .


3.Gunakan Plugin Cache 

Plugin cache berfungsi menyediakan file statis ke pengunjung agar request file ke server lebih sedikit dan bandwith tidak akan membengkak . Plugin yang populer adalah W3 Total Cache dan WP Super Cache .


4.Minify CSS&Javascript 

Memperkecil ukuran file CSS & JavaScript juga cukup bisa membantu mempercepat loading web atau blog anda . Karena meskipun ukuran file ini rata - rata 1 sampai 5 KB , tapi file ini akan selalu di load saat pengunjung membuka halaman - halaman web anda jadi saya kira optimasi dibagian ini cukup berguna .

Bagaimana caranya ? Pertama buka Gtmetrix.com , lalu masukan URL blog  anda klik Analyze
Kemudia dibagian PageSpeed  cari Minify CSS dan Minify JavaScript lalu anda klik


URL yang tertera disitu itulah file web web yang perlu anda optimasi . Untuk mengoptimasinya buka link "Optimized version " dan copy file yang ada disitu kemudia ke cpanel web anda dan cari lokasi file yang perlu dioptimasi diatas kemudian gantikan dengan file Optimized version yang barusan anda copy , begitu seterusnya untuk file - file yang lain , jangan lupa backup dulu file file web anda karena jika ada kesalahan bisa di restore lagi dengan mudah .

Beberapa file kadang sulit di optimized karena berasal dari pihak ketiga seperti kode dari web form email , share button dan lain - lain , untuk saat ini saya masih belum tau cari mengoptimasinya kecualii dengan mencopot widget tersebut , bila ada dari kalian yang tahu silahkan share di komentar . 


5.Kompresi Gambar 

Kompresi gambar ini mempunyai peranan cukup penting karena seperti kita tahu biasanya gambar adalah sebuah file tang paling besar di load di halaman web selain header dan banner . Untuk konpresi gambar saya menggunakan WP Smush  ( Versi Free ) , karena bisa otomatis mengkompresi begitu kita upload gambar 

6.Hapus Widget / Elemen Website yang Tidak Penting 

Hapus lah widget yang tidak terlalu penting di halaman blog , kalau sekiranya hanya memperlambat loading blog anda , karena penggunaan widget yang berlebihan hanya memperburuk tampilan bukan malah memperindah kalau menurut saya sendiri pribadi . 

7.Hapus Plugin yang Tidak Penting 

Jika Hosting anda masih shared , biasanya menginstal terlalu banyak plugin akan berdampak buruk pada peforma web anda , Hindari menginstall plugin yang tidak terlalu penting seperti plugin untuk setting robots.txt ( anda bisa setting langsung vua cpanel ) Plugin legal pages ( Anda bisa membuat nya manual ) dan sebagainya 

8. Gunakan Hosting yang Kuat 

Ini opsional namun sangat reccomended jika anda mempunyai budget yang cukup , memadai , dan income yang stabil . 

Untuk menghemat budget/biaya biasanya pemilik website menyewa hosting seadanya asal web bisa diakses oleh pengunjung , Jika anda mempunyai web yang mempunyai income stabil dan long term saya sarankan untuk menyewa hosting yang lebih kuat seperti vps atau dedicated server dll . 


Jika anda sudah mengaplikasikan cara cara diatas mohon share pengalamannya di komentar dan kalau ada tips lain nya yang anda ketahui silahkan berbagi di kolom komentar agar semakin banyak tips - tips bermanfaat yang di ketahui orang orang , Terimakasih jangan lupa share artikel ini  dan Salam Blogger !
loading...

No comments:

Post a Comment